SELAMAT DATANG

ini adalah situs yang memberikan informasi seputar Sejarah Labuhanbatu dan keberadaan Kerajaan-kerajaannya dimasa lalu. Daerah-daerah yang saling berhubungan akan dipublikasikan. Juga dilengkapi film-film tempo dulu, photo-photo lama dan photo-photo yang berkaitan dengan budaya, adat dan istiadatnya, serta pemerintahan di masa penjajahan.

Minggu, 22 Mei 2011

UDIN LAHAB

Posted by winzCyber 20.31, under | 6 comments

Pada suatu hakhi, ada saukhang tatangga si Udin mangadakan pesta pada malam hakhi, tapi tatangganya enen lupa pulak mangundang si Udin. Si Udin tokhus manunggu dan  manunggu datangnya undangan kasia, tapi indak jua datang undangan. Dalam hati, si Udin bapikekh, mangapa pulak tatanggaku yang ika indak mangundangku ka pestanya? kukhasa ia lupa mangundangku.
 
Kamudian, kakhena nampaknya pesta enen sudah dimulai, si Udin pun lalu mangambek salombakh kokhtas, lalu malipatnya, kamudian dimasokkannya kadalam sabuah amplop. Indak bakhapa lambat kamudian ia pun poi katompat pesta tatangganya enen.
 
"Aku mampunyai sabuah sukhat ponting buat tuan khumah", disobut si Udin ka salah satu pambantu yang ada di mukak pintu di pesta enen. Kamudian si pambantu enen mambawak si Udin kasabuah khuangan yang bosakh. Di khuangan enen samua undangan sodang basantap, makan malam. Lalu si Udin mangasikan amplop yang dibawaknya tain ka tatangganya yang punya pesta. Sasudah mangasikan amplop tain, ia pun langsung dudok dan mangisi mulutnya dengan makanan yang ada di meja.
 
Tatangganya enen lalu mambuka amplop dan manengok isinya, tapi indak ada apapun didalam amplop yang dipegangnya. Kamudian ia batanyak ka si Udin : "Botul jake kolok sukhat ika buatku? Alamat sukhatnya pun indak ada."
 
"Alamak jang, kukhasa pun didalam amplop enen indak ada isi sukhatnya, kakhena ondak copat-copat, jadi talupa." Enlah jawapan si Udin.
 
Yang namanya si Udin, kolok pasal makan, nomokh satu. Kolok ada pesta, diusahakannya supaya bisa datang walaupun indak dapat undangan. Botullah Udin lahab.

6 komentar:

tong kalo bagen Bah.., macam mana kalo di buat profil "MALATAH"..?

hahaha, okhang mana ja keh si udin en ncek?

yang namanya si udin en ada dimana-mana, UDIN SEDUNIA

demi kepentingan labuhanbatu yang kita cintai, mari kita satukan visi misi ika bina en pabolo. saya juga punya data-data sejarah tentang labuhanbatu khususnya pada masa kolonial belanda yang saya dapatkan dari beberapa tempat. sekarang saya juga masih mencari data-data sejarah tentang labuhanbatu. untuk itu alangkah baik apabila kita saling bertukar ide untuk lebih memantapkan pengetahuan kita bersama tentang sejarah labuhanbatu dan juga untuk kita publikasikan agar masyarakat banyak mengetahuinya. saya juga punya poto-poto peninggalan belanda dilabuhanbilik yang sekarang sudah diganti dengan bangunan yang lain. kalau berminat untuk tukaran informasi tersebut, hubungi saya Naf'an di 085373413589, alamat Jl. Cinta Makmur Duusn II Desa Sei Sanggul, Kec. Panai Hilir, Labuhanbatau.

Amaaak, incek ku en jang. Hehehe

Blog ini tidak diupdate lagi. Silahkan beralih ke website yang baru: www.sejarahsumatera.com

Thanks.

Posting Komentar

Silahkan beri komentar disini

Tags


Lambang Kabupaten Labuhanbatu

Rantau Prapat

Rantau Prapat
Kantor Pos dan Telephon pada tahun 1934

Labuhanbilik

Labuhanbilik
Biro Imigrasi untuk pendatang dari Jawa (kuli kontrak-1925) di Labuhanbilik

Istana Kotapinang

Istana Kotapinang
Istana Kesultanan di Kotapinang

Istana Bilah

Istana Bilah
Istana Kesultanan Bilah di Negerilama

Istana Maimun

Istana Maimun
Istana Sultan Deli - 1897

Istana Kerajaan Siak